Diduga Ada Permainan Kuota Tiket di Pelabuhan ASDP Punggur Batam

PUNGGUR | Go Indonesia.id_ Dugaan praktik permainan kuota tiket online kembali mencuat di Pelabuhan ASDP Punggur, Kota Batam. Sejumlah pengguna jasa kapal Roro mengeluhkan sulitnya mendapatkan tiket meski kapal tersedia.

Keluhan itu terutama menyasar portal tiket online Ferizzi. Dalam aplikasi tersebut, tiket kerap kali ditampilkan kosong. (11/9/25).

Bacaan Lainnya

Advertisement

Agen resmi juga menyebut hanya manajer usaha ASDP yang memiliki kewenangan membuka akses penuh ke pusat sistem, sehingga distribusi kuota diduga tidak transparan.

β€œSulit sekali ketika meminta kuota tiket, selalu tidak ditanggapi. Padahal ketersediaan kapal ada tiga unit, namun kuota yang diberikan seolah-olah dimainkan. Ini sudah lama terjadi,” ujar salah seorang pengguna jasa yang enggan disebutkan namanya.

Dugaan permainan kuota ini diarahkan pada oknum internal, khususnya di bagian manajemen usaha.

Pengguna jasa menilai ada keterlibatan seorang manajer usaha dalam mengatur distribusi tiket secara tidak terbuka, sehingga menimbulkan kecurigaan adanya praktik yang menguntungkan pihak tertentu.

Padahal, dengan tiga unit kapal yang beroperasi, seharusnya kapasitas penumpang bisa terpenuhi.

Namun, kuota tiket yang dibuka kepada agen maupun calon penumpang justru terbatas, membuat masyarakat kesulitan melakukan perjalanan.

Tim media berusaha mengkonfirmasi hal ini kepada salah satu manajer ASDP pada Kamis (11/9) sekitar pukul 15.00 WIB, namun hingga berita ini diterbitkan belum mendapat respons.

Reporter : Baharullazi


Advertisement

Pos terkait