LINGGA | Go Indonesia.id – Warga Kecamatan Bakong Serumpun, khususnya di Desa Pasir Panjang, mengeluhkan lemahnya jaringan internet yang sudah berlangsung hampir dua bulan.(22/1/25).
Kondisi ini menghambat berbagai aktivitas masyarakat yang sangat bergantung pada layanan internet, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pelayanan publik.
Herman, salah seorang warga Tukul, berharap pihak provider segera memberikan solusi untuk meningkatkan kualitas jaringan di daerah mereka.
“Kami sangat membutuhkan internet yang stabil, terutama untuk keperluan sekolah, pelayanan kesehatan di puskesmas, dan administrasi pemerintahan desa. Saat ini, koneksi yang lambat sangat menghambat aktivitas,” ujarnya.
Keluhan serupa juga disampaikan oleh perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Pasir Panjang.
Mereka mempertanyakan mengapa masalah jaringan internet ini sudah terjadi sejak masa pemilihan gubernur dan bupati (Pilgub dan Pilbup), namun belum juga ada perbaikan.
“Internet bukan lagi kebutuhan sekunder, melainkan sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat, terutama dalam pelayanan publik yang optimal,” tegasnya.
Firman, Kepala Desa Pasir Panjang, menyoroti ketidakstabilan jaringan yang merugikan warga.
“Kami membeli paket internet, tetapi karena jaringannya lelet, paket itu habis tanpa bisa dimanfaatkan secara maksimal. Ini jelas merugikan konsumen,” katanya. Selain itu, pihak perangkat desa juga merasa kesulitan dalam melakukan koordinasi dengan warga dan instansi pemerintah kecamatan maupun kabupaten akibat buruknya jaringan internet.
Firman Efendi, Kepala Desa Bakong Serumpun, menegaskan bahwa masyarakat sangat membutuhkan perhatian serius dari pihak provider untuk meningkatkan stabilitas jaringan, terutama di tengah kondisi cuaca ekstrem yang semakin sering terjadi.
“Selama ini, kami sering dianggap tidak proaktif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, padahal kendalanya adalah buruknya jaringan internet,” jelasnya.
Masyarakat Kecamatan Bakong Serumpun berharap agar penyedia layanan internet segera mengambil langkah nyata dalam meningkatkan kualitas jaringan.
“Sebagai konsumen, kami berhak mendapatkan layanan yang lebih baik. Kami meminta perhatian dari pihak provider untuk segera menindaklanjuti keluhan ini,” tutup Herman.
Reporter: Edy/Herman/Johari/Zul