Bupati Ipuk Luncurkan “Banyuwangi Melayani,” Inovasi Layanan Publik yang Humanis

IMG 20250620 WA0037

BANYUWAMGI | Go Indonesia.id- Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, resmi meluncurkan inovasi layanan publik, “Banyuwangi Melayani,” pada Kamis (19 Juni 2025) di Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman (PUCKPP) Kabupaten Banyuwangi. Gerakan ini dirancang untuk memberikan solusi cepat dan efisien bagi permasalahan masyarakat, dengan pendekatan yang humanis dan berorientasi pada kemudahan akses.

“Banyuwangi Melayani” bertujuan untuk menjembatani komunikasi langsung antara masyarakat dengan tenaga teknis di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Setiap OPD akan mempublikasikan kontak person, mulai dari kepala dinas hingga petugas teknis, yang siap melayani pengaduan dan pertanyaan masyarakat. Informasi kontak ini akan dipublikasikan secara luas agar mudah diakses.

Bacaan Lainnya

Advertisement

Bupati Ipuk menjelaskan, program ini dicetuskan untuk mengatasi berbagai kendala yang sering dihadapi masyarakat dalam mengakses layanan publik. “Dengan ‘Banyuwangi Melayani’, masyarakat dapat menyampaikan kendala atau memperoleh informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan mudah, sesuai bidang masing-masing,” ujar Bupati Ipuk.

Sebagai contoh, Bupati Ipuk mencontohkan permasalahan yang sering terjadi di DPUCKPP terkait pengurusan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Dengan adanya program ini, masyarakat dapat langsung menghubungi kontak person yang telah disediakan di DPUCKPP untuk mendapatkan bantuan dan solusi.

“Kita mulai launching di PU karena seringkali ada kendala dalam pengurusan PBG. Sekarang masyarakat bisa langsung menghubungi kontak person yang tersedia. Tim PU siap membantu menyelesaikan masalah,” imbuh Bupati Ipuk.

Peluncuran program ini dihadiri oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banyuwangi, Dr. Ir. H. Guntur Priambodo, MM., dan seluruh Kepala OPD di Kabupaten Banyuwangi.

Kehadiran mereka menunjukkan komitmen penuh terhadap keberhasilan program “Banyuwangi Melayani” dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Banyuwangi.

Reporter (Indah Razak)


Advertisement

Pos terkait