Keren, Pemdes Cibeber Purwakarta Bangun Lapangan Bertaraf Internasional Habiskan Dana Milyaran

PURWAKARTA | Go Indonesia.id – Inovasi yang dilakukan Pemerintah Desa Cibeber, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, patut diacungi dua jempol. Pasalnya, pemerintahan desa ini memanfaatkan dana desa untuk pembangunan fasilitas yang memiliki dampak positif untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Kepala Desa Cibeber yang juga Ketua DPP Apdesi, Anwar Sadat, mengatakan, saat ini Desa Cibeber telah memiliki lapangan soccer mini berstandar FIFA. Lapangan ini, berada di Kampung Sukamaju RT 007/004 dengan luas 60×40 meter.

“Lapangan ini kita namakan Lapang Mini Soccer Galuh Panca Rasa.” Ujar Anwar Sadat, Kepala Desa Cibeber.

Menurutnya, pembangunan lapangan ini bersumber dari dana desa. Fasilitas umum ini, dibangun selama lima bulan dengan biaya mencapai Rp 1,5 miliar.

Lapangan ini, tak melulu sebagai fasilitas olah raga masyarakat. Karena, terintegrasi dengan fasilitas lainnya dan juga ekowisata.

Sebab, di area mini soccer ini ada juga fasilitas bisnis, perikanan, peternakan dan ekowisata. Dengan demikian, lanjutnya, kehadiran fasilitas ini mampu menyerap tenaga kerja lokal.

“Kita memberdayakan pemuda dan pemudi asal Desa Cibeber. Kita juga sudah bermitra dengan para pelaku UMKM untuk berjualan di area ini,” ujarnya.

Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan bisa memberikan feedback positif kepada masyarakat. Terutama, dalam hal mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sehingga, dana desa ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat,” ujarnya.

Mini soccer ini, bisa digunakan oleh 9 pemain. Bagi warga yang ingin memanfaatkan lapangan dengan rumput berkualitas tinggi ini, tidak dipungut biaya alias free. Akan tetapi, harus mematuhi jadwal yang telah disediakan oleh pengelola.

Editor : Abdul
Reporter : (Trisna M.A)


Advertisement

Pos terkait