Lapas Purwakarta Gelar Upacara Bendera Memperingati Hari Lahir Pancasila

PURWAKARTA | Go Indonesia.id_Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Purwakarta Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Barat melaksanakan upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila, Kamis 01 Juni 2024 di lapangan Lapas Purwakarta yang diikuti oleh pejabat struktural, petugas dan warga binaan.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema β€œPancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Membacakan pidato Kepala Badan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Pelaksana harian Kepala Lapas (Plh. Kalapas) Purwakarta, Sayono mengajak seluruh petugas dan warga binaan Lapas Purwakarta untuk dapat membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

β€œPancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Dan secara dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini” ujar Sayono dalam sambutannya.

Mengakhiri pidato, Sayono mengajak seluruh peserta upacara untuk bersama-sama dan bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.

β€œKita saling bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” tambah Sayono.

Setelah pelaksanaan Upacara, Lapas Purwakarta mengikuti kegiatan upacara secara virtual melalui Chanel Youtube BPIP Republik Indonesia dimana upacara juga secara langsung dilaksanakan di kantor BPIP Republik Indonesia.

Editor : Abdul
Reporter : Trisna


Advertisement

Pos terkait