Pasar Banyuwangi dan Gedung InggrisanM di Revitalisasi

BANYUWANGI | Go Indonesia.id _Β Pemerintah Kabupaten Banyuwangi terus melaksanakan pembangunan dan pembenahan dari sektor mana saja terutama gedung gedung peninggalan sejarah, dan saat ini Pemerintah Banyuwangi mempersiapkan untuk pembangunan Pasar Induk Banyuwangi dan gedung Inggrisan yang sudah Sekian lamanya belum mendapatkan sentuhan.

Semenjak permohonan Surat Bupati Banyuwangi No.
050/3755/429.201/2023 Tanggal 7 Agustus
2023 perihal Pembangunan Pasar Induk Banyuwangi dan Permohonan Surat Panglima Kodam V/Brawijaya No.
B/2248/IX/2023 Tanggal 27 September
2023 perihal Pernyataan Minat pada
Revitalisasi Asrama ingrisan yg diajukan kepada pemerintah pusat pada waktu itu maka diturunkanlah SK untuk merevitalisasi kedua permohonan yang telah diajukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi di tahun 2023.

Bacaan Lainnya

Advertisement

Dan pembangunan Pasar Induk juga gedung insan yang dilakukan pada saat ini di 2024 sepenuhnya dana yang digunakan adalah dana dari pemerintah pusat.

Anggaran dana sebesar 200 miliar sepenuhnya dibiayai oleh pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR, Bayu Hadiyanto ( PLT Kabid Cipta Karya/Kabid Penataan Ruang) menyampaikan bahwa” pada dasarnya PUCKPP kabupaten Banyuwangi hanya mendampingi Kementerian PUPR Dalam melaksanakan kegiatan revitalisasi pasar dan gedung Insan yang mana dijadwalkan pengerjaannya di 360 hari kalender dan sebanyak 190 kurang lebih pekerja yang akan diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan tersebut yang sesuai dengan apa yang tertera pada desain yang sudah diberikan oleh Kementerian PUPR, jadi semua pengelolaan semua pembiayaan dan yang berkaitan dengan kegiatan tersebut pemerintah Banyuwangi dalam hal ini kami PU CKPP (Dinas Pekerjaan Umum Cipa Karya, aperumahan Dan Pemukiman) hanya sekedar pendamping ” Ujarnya.

” dan semua pelaksanaan pembiayaan serta pengawasan murni menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR, sedangkan tugas PUCKPP kabupaten adalah membangun kebutuhan relokasi dan membersihkan lokasi yang akan dibangun dan kesemuanya itu sudah kami laksanakan” tambah Bayu.

Revitalisasi kedua titik Tersebut Pasar Induk dan asrama Ingrisan tidak serta-merta pemerintah membongkar total tetapi ada beberapa Bangunan peninggalan sejarah yang akan tetap berdiri dan tetap dilakukan perawatan untuk menjaga keaslian dari cagar budaya tersebut. (Indah rzk)


Editor : Abdul
Reporter : (Indah rzk)


Advertisement

Pos terkait