Polres Tanjung Balai Gelar Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Toba 2024” Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

Polres Tanjung Balai Gelar Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Toba 2024" Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

TANJUNGBALAI | Go Indonesia.id – Kapolres Tanjungbalai AKBP. Yon Edi Winara SH. SIK. MH pimpin apel gelar pasukan Operasi Kepolisian Terpusat “Ketupat Toba 2024” dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M.

Kegiatan apel dimulai dengan Komandan Apel memasuki Lapangan Apel Kapolres Tanjungbalai bertempat di
Lapangan Apel Polres, Rabu (03 April 2024) sekira pukul 09.00 wib, diikuti Kasat Lantas, AKP R. Sitepu, SH., MH (Perwira Apel) dan Kanit Gakkum Sat Lantas, IPDA C. R. Purba (Komandan Apel).

Bacaan Lainnya

Advertisement

Dalam Amanatnya Pimpinan Apel Kapolres Tanjungbalai menyampaikan, “Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergisitas TNI-Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H.

Polres Tanjung Balai Gelar Operasi Kepolisian Terpusat "Ketupat Toba 2024" Dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 H

“Berdasarkan survei Indikator, kepuasan masyarakat atas penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2023 mencapai 89,5% atau meningkat 15,7% dibanding tahun 2022. Hal ini merupakan wujud apresiasi masyarakat atas kerja keras kita bersama yang harus dipertahankan dan ditingkatkan dalam pengamanan arus mudik dan balik tahun ini.

“Berdasarkan survei Kemenhub RI tahun 2024 diperkirakan terdapat potensi pergerakan masyarakat sebesar 193,6 juta orang atau meningkat 56,4% dibandingkan tahun 2023. Berkaitan hal tersebut, Presiden Joko Widodo menekankan bahwa “Mudik tahun ini adalah mudik yang akan sangat besar sekali, kenaikannya 56 persen dibanding tahun yang lalu. Total yang akan mudik 190 juta pemudik tahun ini kurang lebih, ini dari survei. Oleh sebab itu, saya mengimbau, mengajak masyarakat untuk mudik lebih awal.

”Untuk menjawab tantangan ini, TNI-Polri bersama stakeholder terkait melaksanakan Operasi Terpusat dengan sandi β€œKetupat 2024” yang melibatkan 155.165 personel, selama 13 hari dari tanggal 4 s.d. 16 April 2024. Operasi ini telah diawali KRYD tanggal 28 Maret s.d. 3 April 2024 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 17 s.d. 23 April 2024.

Lanjut Kapolres, “Dalam operasi ini, di Kota Tanjung Balai telah dipersiapkan 4 pos yaitu, Pos Pelayanan terletak di Jalan Sudirman KM.7 Perbatasan Kota Tanjung Balai dengan Kab. Asahan, Pos terpadu di Area Stasiun Kereta Api Jalan Suprapto Kelurahan TB. Kota IV Kec. Tanjung Balai Utara, Pospam 1 Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah Jalan Pahlawan Kelurahan Pantai Burung Kec. Tanjung Balai Selatan l dan Pospam 2 Jalan Sei Raja Perbatasan Kota Tanjung Balai dengan Kec Airjoman Kab. Asahan

“Pos ini bertujuan dalam rangka pelayanan dan pengamanan utamanya pada jalur-jalur rawan seperti kemacetan, kecelakaan, kriminalitas dan bencana alam, serta di pusat-pusat keramaian.

Kemudian,
“Terkait penyeberangan laut, diprediksi pengguna kapal penyebrangan mencapai 10,65 juta orang. Hindari antrean panjang saat menaiki kapal dengan menerapkan delaying system dan mendorong pembelian tiket secara online pada kantong-kantong parkir. Pastikan masyarakat mengetahui informasi terkait pelabuhan penyeberangan yang dapat digunakan sesuai jenis kendaraan.

“Sinergisitas seluruh stakeholder terkait merupakan kunci utama untuk mengulangi keberhasilan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun lalu.

” Sebagai penutup, atas nama Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan β€œSelamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan dan Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H” kepada seluruh umat Islam yang merayakan. Semoga kita mampu mendapatkan ampunan dan menyambut hari kemenangan dengan hati yang suci. “Pungkas Kapolres.

Editor : Abdul
Reporter : Ishak


Advertisement

Pos terkait