Bupati Ajak Siswa Saling Bantu Jika Ada Teman yang Lagi Susah

Bupati Ajak Siswa Saling Bantu Jika Ada Teman yang Lagi Susah

PEMALANG | Go Indinesia.id – Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengajak para pelajar untuk berprilaku baik. Beberapa perilaku baik yang dimaksud diantaranya adalah saling bahu-membahu, saling support, kalau ada temen kita yang lagi susah, kita bantu bareng-bareng.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati kepada para siswa-siswi SMA Negeri 1 Bodeh dalam acara Safari Bupati Pemalang dalam rangka Pendidikan Politik, Penguatan Ideologi Pancasila, Pencegahan Kenakalan Remaja dan Obat-obatan Terlarang di Kalangan Pelajar SMA/SMK di Kabupaten Pemalang. senin (13/5/2024).

Bacaan Lainnya

Advertisement

Selain ajakan, Bupati juga mengingatkan mereka agar menjauhi narkoba, menjauhi minuman terlarang juga tidak melakukan bullyi ataupun saling mengejek.

β€œJangan lagi ada kenakalan remaja, jangan ada tawuran karena itu akan menghancurkan hidup kita, merugikan kita, teman kita dan keluarga kita,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati mengatakan bahwa bersekolah merupakan salah satu kunci sukses untuk kita ke depan. Kalau kita tidak sekolah tidak mungkin kita mencapai kesuksesan.

β€œMakanya kita harus sekolah, diantara kita dibelakang ini guru guru, kepala dinas, sekda yang hadir, semua karena kita sekolah,” pesan Bupati.

Menurut Bupati ada 3 kecerdasan yang menjadi kunci sukses, yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Kepada mereka Bupati menguraikan, cerdas intelektual seperti yang dilaksanakan pada para siswa siswi yang sedang bersekolah di SMA 1 bodeh, adalah dalam rangka mencerdaskan secara intelektual.

β€œAnak-anak belajar bahasa Indonesia, biologi, belajar fisika, matematika dan sebagainya itu bagaimana kita cerdas secara intelektual,” tutur Bupati.

Berikutnya yakni kecerdasan emosional. Ia mencontohkan, ketika mereka sedang bekerja sama kemudian saling tolong menolong, menghormati guru, orang tua dan saling sayang- menyayangi antar sesama teman, itu cerdas secara emosional.

Lebih jauh Bupati menjelaskan bahwa bagaimana hubungan baik kita, bagaimana kita saling tolong-menolong, apabila ada temen-temen kita yang kurang dalam hal belajar matematika, lalu ada temen kita yang pandai n kemudian bisa mengajari, belajar bareng, kerja kelompok, kata Bupati itu bagian dari meningkatkan kecerdasan emosional.

β€œBagaimana kita saling bantu membantu, kita menghormati guru, jangan melawan guru dan orangtua itu juga menentukan kesuksesan kita,” ulas Bupati.

Selanjutnya adalah cerdas spiritual, Ia mencontohkan, bagi yang muslim mengerjakan sholat 5 waktu lalu ditambah dengan sunahnya, yang suka puasa puasa, pas istirahat sholat duha dulu, kalau mau lebih hebat lagi sholat malam sholat tahajjud itu sangat penting.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati menyerahkan penghargaan kepada siswa-siswi peraih prestasi tingkat Kabupaten Pemalang tahun 2024, antara lain kepada Putri Meilidia Azara, Juara 1 O2SN pada cabang Atletik Panca Lomba Putri dan Firman Ilham, Juara 2 O2SN pada cabang Atletik Panca Lomba Putra.

Penghargaan juga diberikan kepada Khanifa Trimaulia Rahman, Juara 2 O2SN pada cabang Pencak Silat serta Adinka Wijaya Putri, Juara 1 OSN pada cabang mapel Biologi.

Selain penghargaan kejuaraan, Bupati juga menyerahkan perlengkapan Olahraga melalui Kepala SMA Negeri 1 Bodeh, Cici Riyanim dan perlengkapan Kepalangmerahan kepada SMA Negeri 1 Bodeh, yang diwakili Ketua PMR Wira, yakni Vina Tri Yulianingsih.

Selain bupati, hadir dalam acara tersebut Kepala OPD terkait, Camat Bodeh, Kepala Sekolah dan guru SMAN 1 Bodeh.

Editor : Abdul
Reporter : Teguh


Advertisement

Pos terkait