BANTEN | Go Indonesia.id_ Menteri Pariwisata (Menpar) Widiyanti Putri Wardhana melakukan kunjungan kerja ke Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta untuk memastikan kesiapan dan kualitas pelayanan bagi wisatawan pada periode libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026.
Kunjungan Menteri Pariwisata diawali dengan peninjauan Posko Utama Integrasi Data Nataru Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (23/12/2025), guna melihat langsung kesiapan operasional bandara. Di posko ini, Menteri Pariwisata memantau berbagai data terkini, mulai dari pergerakan penumpang, prakiraan cuaca, kebutuhan personel, hingga sejumlah potensi yang perlu diantisipasi terkait layanan penumpang dan penerbangan, baik di terminal domestik maupun internasional.
Didampingi Direktur Utama InJourney Airports (PT Angkasa Pura Indonesia) Muhammad Rizal Pahlevi dan Direktur Komersial InJourney Airports Veri Y. Setiady, Menteri Pariwisata melanjutkan peninjauan ke Terminal 1C yang kini hadir dengan wajah baru. Di terminal ini, Menteri Pariwisata melihat secara langsung proses pelayanan penumpang, mulai dari layanan check-in dan bagasi, area komersial, hingga ruang tunggu.
Menteri Pariwisata juga berinteraksi dengan sejumlah penumpang untuk mendengar langsung pengalaman dan kesan mereka terhadap layanan bandara. Para penumpang menyampaikan apresiasi atas peningkatan fasilitas dan kenyamanan yang dirasakan.
βKami melihat layanan di dalam sangat baik. Kami juga berbicara dengan banyak penumpang, mereka merasa senang dan memberikan ulasan yang sangat positif. Fasilitas seperti toilet, musala, dan ruang menyusui tersedia dengan bersih dan terawat dengan baik,β kata Menteri Pariwisata Widiyanti.
Sebelumnya, InJourney Airports telah merevitalisasi Terminal 1C sebagai bagian dari upaya peningkatan kualitas layanan dan kapasitas terminal untuk mendukung kelancaran aktivitas penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta. Terminal 1C kini memadukan desain modern dengan sentuhan tradisional khas Indonesia, menghadirkan karakter visual yang merefleksikan identitas nasional.
Desain interior terminal menampilkan perpaduan tata ruang modern dengan elemen arsitektur khas Terminal 1, seperti bata terakota dan ornamen lokal, serta didukung penerapan teknologi terkini pada berbagai fasilitas pelayanan penumpang.
Menteri Pariwisata memprediksi pergerakan wisatawan pada periode libur Nataru kali ini mencapai 1,45 juta wisatawan mancanegara dan sekitar 128 juta perjalanan wisatawan nusantara. Dari total pergerakan tersebut, moda transportasi udara diproyeksikan menopang pergerakan hingga sekitar 3,4 juta penumpang.
Sementara itu, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) Kantor Cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta mencatat bahwa sepanjang periode 15 hingga 21 Desember 2025, pergerakan penumpang telah mencapai 1.182.490 orang dengan total pergerakan pesawat sebanyak 7.811 movement.
Terkait destinasi wisata, Menteri Pariwisata menyampaikan bahwa Bali masih menjadi tujuan favorit wisatawan, diikuti sejumlah daerah lain seperti Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar. Hal tersebut sejalan dengan survei Kementerian Perhubungan yang menunjukkan bahwa selain Bali, daerah tujuan utama wisatawan meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, serta Yogyakarta.
βBali masih menjadi favorit, dan untuk Bali sendiri tercatat adanya peningkatan kunjungan,β ucap Menteri Pariwisata.
Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan berbagai program pemerintah yang bertujuan mendorong pergerakan wisata selama libur Nataru. Salah satunya adalah kebijakan diskon tiket pesawat domestik kelas ekonomi sebesar 13 hingga 14 persen untuk periode penerbangan 22 Desember 2025 hingga 10 Januari 2026, dengan periode pembelian tiket mulai 22 Oktober 2025 hingga 10 Januari 2026.
βManfaatkan diskon tiket pesawat ini, termasuk juga berbagai insentif perjalanan lainnya seperti diskon kereta api, kapal laut, jalan tol, dan program pendukung lainnya,β tutur Menteri Pariwisata.
Direktur Utama InJourney Airports Muhammad Rizal Pahlevi menyampaikan bahwa penyelesaian dan pengoperasian Terminal 1C memang dirancang untuk mendukung kelancaran layanan pada periode libur Nataru tahun ini.
βTerminal 1C menjadi salah satu bukti kesiapan kami dalam menyambut wisatawan, baik mancanegara maupun wisatawan nusantara, agar dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman. Ibu Menteri juga melihat secara sangat detail bagaimana pelayanan berjalan, apa yang dirasakan penumpang, serta bagaimana respons positif yang ditunjukkan oleh para pengguna jasa,β kata Rizal.
Ia juga mengapresiasi perhatian Menteri Pariwisata dalam memastikan pelayanan yang aman, nyaman, dan berkualitas bagi penumpang selama periode libur Nataru.
βPergerakan ekonomi tidak hanya berbicara soal bandara atau jumlah penumpang, tetapi tentang ekosistem secara keseluruhan. Hari ini Indonesia kami nilai siap memberikan layanan terbaik, khususnya dari sisi pengelolaan bandara oleh Angkasa Pura Indonesia,β katanya.
Turut mendampingi Menteri Pariwisata dalam kunjungan tersebut, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata Hariyanto, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata Rizki Handayani, Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kementerian Pariwisata Fadjar Hutomo, serta Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Publik dan Strategi Media Apni Jaya Putra.
Sumber : Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata
Klik, follow & subscribe website & medsos kami
*Website* https://kemenpar.go.id/ *Instagram* @kemenpar.ri
*Twitter/X* @KemenPariwisata
*Tiktok* @kemenpariwisata
*Facebook* Kementerian Pariwisata RI Youtube Kementerian Pariwisata







