Basarnas Selenggarakan Rekonstruksi Dan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2024

JIMBARAN | Go Indonesia.id_ Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menyelenggarakan Rekonsiliasi dan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2024, bertempat di ruang serbaguna, Gedung Werkudara, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar,pada Selasa ,9/7/2024.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Marsekal Pertama TNI, Siswanta, S.E. Hadir pula Kepala Biro Humas dan Umum, Hendra Sudirman, S.E., M.Si., serta didampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, S.H.

Bacaan Lainnya

Advertisement

Kegiatan Rekonsiliasi dan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2024, diikuti sebanyak 45 satuan kerja, terdiri dari kantor pusat 15 orang, Kantor Pencarian dan Pertolongan 27 orang dan Balai Diklat 3 orang.

Pelaksanaan Rekonsiliasi dilaksanakan untuk mengidentifikasi kemungkinan terjadinya perbedaan pencatatan yang dapat berdampak pada menurunnya validitas dan akurasi data yang disajikan dalam laporan keuangan.

Dalam sambutannya, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan, Marsekal Pertama TNI, Siswanta, S.E. mengungkapkan bahwa tahap akhir berupa pelaporan dan pertanggungjawaban Keuangan merupakan tahap yang krusial. “Tahap ini membutuhkan perhatian serta komitmen tinggi dari segenap entitas akuntansi dan entitas pelaporan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Rekonsiliasi merupakan salah satu kunci utama dalam upaya penyusunan laporan keuangan yang akuntabel dan akurat, karena perannya yang sangat penting dalam rangka meminimalisasi terjadinya perbedaan pencatatan. Pencatatan data akuntasi telah diamanatkan dalam Pasal 33 Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2026 tentang pelaporan keuangan dan kinerja instansi pemerintah.

“Pentingnya rekonsiliasi tingkat internal, sebelum melakukan rekonsiliasi tingkat eksternal, berguna untuk menyelesaikan permasalahan yang ada,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya Marsekal Pertama TNI, Siswanta, S.E. berpesan untuk menjaga kekompakan dalam bekerja sehingga semua tugas dan fungsi bisa berjalan dengan baik dan optimal.

Editor : Abdul
Reporter : Iskandar


Advertisement

Pos terkait